12 Tempat Wisata Di Karimunjawa Yang Wajib Dikunjungi Update 2019

Paket Wisata Murah dan Nyaman Karimunjawa 2017
December 19, 2016
Pulau Menjangan Kecil Karimunjawa Taman Laut Terkenal Di Jawa
April 19, 2017
panorama-pantai-tanjung-gelam-karimunjawa

Last updated on March 6th, 2019 at 05:41 am

Rate this post

 Wisata karimunjawa, siapa sih yang tidak mengenalnya? Pulau di ujung Jawa ini rupanya tak ada hentinya menawarkan pesona alam yang cantik nan eksotis. Terlebih untuk menikmati suasana sunset sekaligus sunrise, begitu terasa romantic dan mengagumkan. Hamparan pasir putih beserta terumbu karang dan beragam spesies ikan yang hidup di dalamnya,

Sekarang ini Karimunjawa menjadi salah satu tempat wisata di Indonesia yang cukup terkenal. hal ini bisa terlihat dari banyaknya agen wisata yang menawarkan berbagai paket wisata karimunjawa murah.

Karimunjawa merupakan sebuah pulau yang terletak di wilayah Jepara. Letaknya yang berada di pesisir pantai utara pulau Jawa menjadikan tempat ini sebagai Taman Nasional dengan hamparan air laut yang jernih, masih banyaknya terumbu karang yang cantik dan pesona pasir putih yang bersih.

Ombak di tepi pantai Karimunjawa masih bersih sehingga sangat asri, sehingga tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga maupun teman. Keindahan alam dan lautnya sangat menarik untuk dikunjungi.

Adapun 12 tempat wisata di Karimunjawa yang wajib dikunjungi yaitu, Pantai Anora, Pantai Tanjung Gelam, Pulau Cerama Kecil, Pulau Cilik, Pulau Geleang, Pulau Mengan Kecil, dan Penangkaran Hiu.

Karimunjawa berasal dari kata karimun dari bahasa jawa kremun yang memiliki arti samar-samar. Hal ini dikarenakan dari pulau Jawa pulau ini sangat jauh dan hanya nampak samar-samar jika di lihat dari pulau jawa. Untuk bisa sampai ke karimunjawa dibutuhkan waktu kurang lebih 4 hingga 6 jam menggunakan kapal motor dari Jepara atau Semarang.

Kepulauan Karimunjawa memiliki 29 pulau yang hanya memiliki 5 pulau berpenghuni. Namun letak antara pulau satu dengan palau lainnya sangat berdekatan Karimunjawa menjadi tempat favorit bagi para penyelam, karena memiliki 240 jenis ikan dan 90 jenis terumbu karang. Wisatawan yang tidak dapat menyelam pun dapat menikmati indahnya terumbu karang dengan menggunakan kapal yang dasarnya terbuat dari kaca.

1. Pantai Anora

Ada sebuah pulau kecil yang menyatu dengan pantai, terletak di desa kemloko tempat ini terkenal dengan sebutan pantai anora. anda bisa menaiki bukit di pulau yang menyatu dengan pantai ini, diatas bukit anda bisa menikmati keindahan alamnya, angin semilirnya serta indahnya kepulauan di karimunjawa dengan pemandangan alamnya yang indah serta landscapenya yang elok, tempat ini adalah salah satu destinasi yang wajib anda kunjungi, cukup mengeluarkan uang kurang dari sepuluh ribu untuk mengunjungi tempat ini.

wisata-pantai-anora-karimunjawa

pantai-anora-dipulau-karimunjawa.jpg

2. Pantai Tanjung Gelam, Karimunjawa

Terletak di Pulau Karimunjawa, bisa ditempuh melalui jalur darat atau laut, cukup berkendara 10 menit dari pusat kota dan membayar tiket masuk sebesar 5000 anda bisa menikmati keindahan pantai ini, dengan kelapa doyong sebagai ciri khasnya, pantai ini berada di ujung dan tempat yang sangat cocok untuk menikmati matahari tenggelam. anda bisa berjalan menyusuri pantai sepanjang kurang lebih 700m dan anda akan menemukan pantai batu topeng di sisi lainnya.

panorama-pantai-tanjung-gelam-karimunjawa pantai-tanjung-gelam-karimunjawa

dipantai ini banyak penduduk lokal yang membuka warung, anda bisa membeli kelapa muda, gorengan, kopi dll.

3. Mangrove tracking karimunjawa

Jalur sepanjang kurang lebih 2km dari Jembatan kayu yang di bangun menyusuri hutan mangrove yang rimbun nan cantik, anda bisa melihat berbagai macam burung dan menikmati kicauannya, di tengah perjalanan anda akan menemukan menara pandang yang bisa anda naiki untuk melihat keindahan landscape pemandangan yang membentang, perpaduan antara perbukitan hutan mangrove serta lautnya akan membuat anda terpana,

mangrove-tracking-pulau-karimunjawa-

mangrove-tracking-pulau-karimunjawa_1

tiket masuk untuk tourist lokal 10,000, tourist asing 150,000.
jangan lupa mengenakan anti nyamuk karena di musim tertentu nyamuk di sini sangat banyak.

4. Pulau cemara kecil

pulau yang terletak di sisi sebelah barat biasa di kunjungi saat anda tour snorkling dan island hopping ke rute barat. pulau dengan ukuran yang sangat kecil ini bisa anda kelilingi dengan berjalan kaki.

pesona-wisata-pulau-cemara-kecil-karimunjawa

Sesuai dengan namanya pulau ini ditumbuhi banyak pohon cemara, pulau yang dikelilingi pantai berpasir putih dan air yang bening, pantai yang cukup dangkal membuat anda bisa bermain air sepuasnya, warna air yang sangat indah, biru muda tosca, anda harus berjalan kurang lebigh 200m setelah jangkar kapal ditirunkan, tempat ini biasanya di singgahi untuk makan siang ataupun untuk menunggu sunset, cukup membayar sandar kapal sebesar 50,000 kepada penjaga pulau dan jangan lupa untuk membuang sampah ke tempat yang sudah di sediakan untuk membantu menjaga dan merawat keindahan pulau ini.

5. Pulau Cilik, Karimunjawa

Pulau yang terletak di sisi timur ini biasanya akan dikunjungi saat anda memilih rute timur untuk trip snorkling & island hopping. pulau ini juga merupakan tempat singgah untuk istirahat setelah lelah ber-snorkling menikmati keindahan bawah laut kepulauan karimunjawa.

pulau-cilik-wisata-karimunjawa

snorkling-di-pulau-cilik-karimunjawa

pulau ini di kelilingi terumbu karang yang sangat cantik, bermacam macam jenis karang, ikan serta biota laut, anda akan dengan mudah menemukan sekumpulan Clown fish yang biasa dikenal dengan NEMO berlindung di rumahnya yang cantik.

snorkling-di-pulau-karimunjawa

6. Pulau Geleang
Pulau yang terletak di sisi barat ini biasanya di singgahi untuk istirahat dan makan siang setelah lelah snorkling di terumbu karang, pulau yang memiliki hamparan pantai yang luas dengan pasir putih, sangat cocok untuk bersantai dan berfoto, cukup membayar sandar kapal sebesar 50,000, tidak ada tiket masuk, cukup memjaga kebersihan di pulau ini dan membuang sampah pada tempatnya akan sangat membantu menjaga keindahan pulau ini.

panorama-pulau-geleang-karimunjawa

pemandangan-pulau-geleang-karimunjawa

7. Pulau Menjangan Kecil, Karimunjawa
Pulau yang terletak di sisi timur ini biasanya akan dikunjungi saat anda memilih rute timur untuk trip snorkling & island hopping. pulau ini juga merupakan tempat singgah untuk istirahat setelah lelah ber snorkling menikmati keindahan bawah laut kepulauan karimunjawa. pulau ini di kelilingi terumbu karang yang sangat cantik, bermacam macam jenis karang, ikan serta biota laut, anda akan dengan mudah menemukan sekumpulan Clown fish yang biasa dikenal dengan NEMO berlindung di rumahnya yang cantik.

spot-foto-dipulau-menjangan-kecil-karimunjawa

ayunan-di-pulau-menjangan-kecil-pulau-karimunjawa

8. Pantai Bobi

Pantai Bobi terletak di sebelah timur selatan pulau utama Karimunjawa. Sekitar 10 menit dari pusat kota. Dapatkan panorama sunrise terbaik di bibir pantai yang panjang dan berpasir putih ini. Sembari menunggu anda dapat bersantai dan minum kopi. Beberapa spot foto yang tak kalah menarik untuk diabadikan.

pantai_bobi_wisata_karimunjawa

9. Pantai Pancoran

Beranjak dari pantai bobi, mampirlah ke Pantai Pancoran tempat ini juga sangat cocok untuk melihat sunrise. Berjarak sekitar 5 menit dengan mengendarai motor dari pusat kota. Butuh sedikit perjuangan untuk sampai di bibir pantai. Pengunjung harus melewati jalan setapak. Di tengah perjalanan anda dapat menyaksikan air terjun air tawar. Inilah yang menjadikan pantai ini dinamakan pantai pancoran.

10. Bukit Love / Love Hill

Dari pusat kota berjalanlah ke utara sekitar 10 menit. Di bukit love ini banyak sekali spot foto menarik dan instagramable. Jika anda ingin hunting foto datanglah saat pagi hari, pukul 8 hingga 10 pagi. Karena pemandangan perbukitan di bawahnya akan nampak terpancar. Lokasinya juga cocok menyaksikan sunset sekaligus menikmati malam dengan taburan bintang-bintang.

bukit love hill karimunjawa

11. Pantai Batu Topeng

tempat ternyaman untuk bersantai di bibir pantai karena banyak pepohonan sehingga tetap teduh. Menariknya lagi ada spot foto gazebo yang berada di atas batuan yang menjorok ke laut.

pantai batu topeng

12. Tempat wisata di karimunjawa yang wajib dikunjungi yang terakhir adalah penangkaran hiu. Di sini wisatawan dapat bermain bersama hiu dengan memberikan makan atau sekedar foto bersama. 

wisata-penangkaran-hiu-di-pulau-karimunjawa

Kemudahan Transportasi Wisata ke Karimunjawa!

Sudah terbayang bukan bagaimana pesona keindahan alam Karimunjawa? Penuh keseruan dan canda tawa pastinya. Tertarik mengunjungi Karimunjawa? Tidaklah sulit, Karimunjawa termasuk dalam wilayah Jepara, Jawa Tengah. Untuk menuju ke lokasi, pengunjung dapat transit melalui 2 kota, yakni Semarang dan Jepara.

Jika anda transit di Semarang, ada 3 moda transportasi yang dapat membawa pengunjung menuju pulau Karimunjawa, yaitu sebagai berikut:

1. Wings Air, penerbangan dari Bandara Ahmad Yani dan hanya beroperasi satu hari sekali sekitar pukul 11.00 WIB. Untuk pemesanan dan info lebih lanjut terkait jam penerbangan, bukalah traveloka.

2. Kapal PELNI KM KALIMUTU. Beroperasi 2 minggu sekali sekitar pukul 23.00 WIB untuk boarding dan keberangkatan pukul 24.00 WIB dari Tanjung Emas. Sampai di Karimun sekitar pukul 06.00 pagi. Untuk pemesanan tiket dapat dilakukan melalui waru karimunjawa.

3. Kapal Express Bahari. Beroperasi setiap hari jumat pada pukul 08.30 WIB, 1 jam sebelumnya dilakukan boarding. Perjalanan dapat ditempuh selama 3 jam. Untuk kepulangan pada hari Minggu pukul 11 siang. Sama halnya dengan PELNI, pemesanan tiket Express Bahari juga dapat dilakukan melalui cs waru karimunjawa.

Sedangkan jika ada memilih berangkat dari Jepara, ada 2 kapal yang akan melayani hingga sampai di Karimunjawa, yakni:

1. Kapal Ferry Siginjai, berangkat setiap hari Senin, Rabu, Jumat, dan Sabtu pukul 06.30 WIB dari Pelabuhan Kartini. Menempuh perjalanan 4 hingga 5 jam. Sementara itu untuk kepulangan dari Karimun menuju Jepara pada hari Selasa, Kamis, dan Minggu pukul 06.30 WIB. Khusu untuk hari Jumat pulang pukul 12.30 WIB. Pemesanan tiket dapat dilakukan 2 jam sebelum keberangkatan. Kuota tiket sangat terbatas, sehingga bagi anda yang ingin booking tiket dapat dilakukan melalui waru karimunjawa.

2. Kapal Express Bahari dengan menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam. Jadwal keberangkatan anda dapat melihatnya di loket tiket masuk.

Kedua penyebrangan tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, Kelebihan penyeberangan dari Semarang ialah tidak perlu mencari transportasi darat untuk menuju ke Jepara. Sehingga dari kota masing-masing bisa langsung menuju ke Semarang. Arahkan kendaraan menuju Bandara Ahmad Yani atau ke Pelabuhan Tanjung Mas.

Sementara itu kekurangannya ialah harga tiket terbilang cukup mahal dibandingkan dari Jepara.
Untuk menuju ke Jepara, lebih enak jika anda dari arah Surabaya karena cukup naik bus sekali saja. Kelebihannya ialah waktu penyeberangan kapal lebih singkat. Sedangkan kekurangannya anda harus mencari transport malam di Semarang yang menuju ke Jepara, Diperlukan waktu tempuh kurang lebih 3 jam, jika macet bisa sampai 3,5 jam.

Demikian informasi tentang 12 tempat wisata Karimunjawa yang wajib dikunjungi, Semoga dapat memberikan manfaat dan informasi untuk para wisatawan yang hendak berkunjung ke pulau Karimunjawa.

Jika anda berminat mengunjungi kesemua pulau ini dengan waktu singkat anda bisa mengikuti paket island hopping karimunjawa  dari warukarimunjawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *